Kamis, 16 Januari 2014

Artikel Koran "Mahasiswa Kreatif Sukseskan Bangsa"



Peran Mahasiswa Dalam Sukseskan Bangsa
Di era globalisasi ini mau tidak mau memaksa Indonesia untuk ikut pula bersaing dalam ranah perkembangan dunia Internasional. Baik dalam hal teknologi, pendidikan, ekonomi, politik, maupun kebudayaan. Namun, dengan kondisi Indonesia saat ini yang masih keteteran dalam menghadapi masyarakat dan tatanan pemerintahan, mampukah Indonesia untuk bersaing di era globalisasi?
Melihat kondisi Indonesia yang prihatin, dalam pemerintahan misalnya masih merajalela kasus korupsi yang dilakoni oleh pejabat-pejabat petinggi Negara malah oleh ketua Mahkamah Konstitusi. Bagaimana dengan kondisi ekomoni rakyat jika pemerintah memakan hak-hak rakyat? Tentunya itu akan menjadi tambah terpuruknya kondisi Indonesia.
Walau demikian, Indonesia masih berharap adanya perubahan yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik. Indonesia masih mempunyai pemuda-pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Indonesia masih mempunyai mahasiswa yang notabennya sebagai “agent social of change” agen perubahan sosial dan pemegang pemerintahan Indonesia masa yang akan datang. Disini mahasiswa sangat diharapkan oleh Indonesia untuk memberikan perubahan tatanan pemerintahan yang akan memberikan dampak positif bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa dituntut untuk bisa perperan aktif dan perfikiran kreatif untuk bisa mewujudkan apa yang diharapkan Indonesia. Mahasiswa dituntut untuk bisa terjun ke masyarakat, mengetahui apa yang terjadi dalam pemerintahan, dan mahasiswa juga yang berperan aktif dalam pembangunan nasional.
Dalam perguruan tinggi terdapat organisasi-organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkarya, berkreatifitas, dan memunculkan pemikiran-pemikiran yang bersifat membangun bagi perguruan tinggi sendiri dan bagi Negara. Disini mahasiswa bisa berkarya untuk mewujudkan harapan masyarakat saat ini, dan untuk menjawab tantangan-tantangan yang dipikulkan kepada mahasiswa. Menyumbangkan karya yang membangun demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik dan makmur. Namun, tak sedikit mahasiswa yang lebih mementingkan diri sendiri. Lebih mementingkan membangun kesuksesan hidup pribadi dan mengesampingkan pemikiran untuk membangun kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa untuk kehidupan masa depan. Bahkan, organisasi pun terkadang lebih mementingkan kemakmuran golongan atau organisasi sendiri ketimbang memikirkan kemakmuran bangsa. Disini dibutuhkan parubahan pola pikir mahasiswa terlebih dulu karena yang seharusnya mendahulukan kepentingan bangsa malah berbalik mementingkan kepentingan pribadi. Jika mulai dari awal sudah dilatih untuk lebih mementingkan kepentingan bangsa maka kelanjutannya akan membuahkan hasil pemikiran dan memberikan sumbangsih bagi perubahan bangsa ini.
Pemikiran-pemikiran mahasiswa yang kreatif dan membangun inilah yang dibutuhkan Indonesia sebagai modal awal perubahan demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik. Mahasiswa memanglah berperan penting bagi kemajuan bangsa, karena mahasiswa yang kelak akan memegang pemerintahan masa depan. Mahasiswa yang kreatif yang berwawasan luas dan mementingkan kemakmuran bangsa sangat dibutuhkan sebagai kader penerus yang akan mensukseskan bangsa. Karena pemikiran mahasiswa berbeda dengan yang lain. Mahasiswa lebih bisa menempatkan dirinya dalam pemasalahan, sehingga masalah tidak berlarut-larut. Jadi pemikiran dan karya mahasiswa sangat dibutuhkan untuk kesuksesan bangsa yang akan datang, karena pemerintahan dan keksuksesan bangsa ada di tangan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar